A. Visi
“Terwujudnya Siswa yang Unggul Imtaq, Iptek dan Berkarakter“
Indikator Pencapaian Visi :
- Beribadah, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntunan agama yang dianutnya
- Mampu bersaing dan berprestasi dibidang akademik dan non akademik
- Memiliki karakter yang baik disetiap waktu dan kesempatan
- Meningkatnya kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan
- Memiliki jejaring kerjasama nasional dan internasional
- Handal dalam pelayanan, pengelolaan dan pembiayaan
- Memiliki sarana prasarana pendidikan yang lengkap sesuai dengan perkembangan IPTEK
B. Misi
Mewujudkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti dan berakhlak yang baik.
- Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
- Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya agar dapat berbudi pekerti luhur.
Mewujudkan pencapaian peningkatan standar kompetensi lulusan yang berkualitas:
- Melaksanakan bedah AKM di sekolah dalam lokakarya.
- Melaksanakan proses pembelajaran dan pengembangan soal berbasis AKM
- Penyelenggaraan TO berbasis AKM dan UTBK
- Memperdalam dan memperluas cakupan materi pelajaran.
- Menyelenggarakan remedial dan pengayaan
Mewujudkan peningkatan pengembangan Standar Isi kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan tantangan masa depan.
- Mewujudkan pengembangan Standar Isi kurikulum tingkat satuan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan pembelajaran abad 21 melalui workshop dan MGMP.
- Mewujudkan pengkajian Standar Isi dalam menghadapi pembelajaran abad 21.
- Mengefektifkan penggunaan kalender pendidikan
- Mewujudkan pengkajian silabus dalam menghadapi pembelajaran abad 21.
- Memetakan kompetensi dasar dan indikator-indikator kompetensi yang sesuai dengan Kompetensi Inti pada setiap mata pelajaran.
- Menyusun RPP yang sesuai dengan tutuntan kurikulum yang berlaku.
- Mendokumentasikan perangkat pembelajaran.
Mewujudkan peningkatan prestasi non-akademik ditingkat regional dan nasional
- Menyusun program kegiatan ekstrakurikuler yang sistematis dan efektif.
- Menyelenggarakan dan menggiatkan kegiatan ekstrakurikuler yang efektif dan efisien serta berkualitas.
- Mengikutsertakan nara sumber atau pelatih dari luar yang berkualitas dalam bidangnya.
- Mengikutsertakan peserta didik dalam berbagai perlombaan yang berkualitas.
- Mengevaluasi pelaksanaan program peningkatan prestasi non akademik dan tindak lanjut.
Mewujudkan proses pembelajaran yang diselenggarakan secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
- Menyelenggarakan workshop dan pelatihan pengembangan RPP untuk peningkatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)
- Mengaktifkan MGMP.
- Mengembangkan RPP yang menggunakan 4 C, Literasi, PPK dan HOTS dan pendekatan Scientific dan soal berbasis AKM
- Melaksanakan supervisi kepada setiap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
- Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung PAKEM.
Mewujudkan pencapaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan nasional.
- Mengikutsertakan tenaga pendidik dalam workshop dan pelatihan kurikulum dalam menghadapi abad 21
- Mengikutsertakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada setiap workshop atau pelatihan terkait dengan ICT, manajemen sekolah, dsb.
- Menyediakan jaringan internet (hotspot) gratis bagi warga sekolah untuk mengakses informasi pembelajaran demi peningkatan pendidikan di sekolah.
- Menfasilitasikan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan pendidikan di jenjang S1 dan S2.
Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke masa depan.
- Menyediakan mesjid yang menampung sebagian besar warga sekolah untuk beribadah
- Menyediakan laboratorium komputer yang mutakhir.
- Menyediakan laboratorium multimedia yang representatif.
- Menyediakan layanan internet gratis bagi warga sekolah.
- Menyediakan perpustakaan digital.
- Melengkapi buku-buku referensi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum.
- Melengkapi sarana dan media pembelajaran yang dibutuhkan guru mata pelajaran.
- Melengkapi alat dan bahan labor IPA
Mewujudkan pengembangan standar pengelolaan pendidikan yang mengacu manajemen berbasis sekolah (MBS).
- Mengikutsertakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelatihan MBS.
- Melaksanakan pengelolaan pendidikan yang transparan dan bertanggungjawab.
- Melaksanakan evaluasi dan refleksi terhadap program kerja dan kinerja sekolah.
- Mengimplementasikan MBS pada pengelolaan pendidikan.
Mewujudkan pengembangan standar penilaian pendidikan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan kurikulum.
- Mengadakan pelatihan penilaian hasil pembelajaran berbasis IT.
- Melaksanakan penilaian berbasis IT.
- Mengembangkan penilaian berdasarkan kurikulum yang berlaku
- Mengembangkan perangkat penilaian kurikulum yang berlaku.
- Melaksanakan Ulangan Harian dan Ulangan Tengah Semester yang terprogram.
- Melaksanakan Ulangan Akhir Semester dan Ulangan Kenaikan Kelas yang efektif dan efisien.
- Melaksanakan Ujian Sekolah secara sistematis.
- Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut tentang hasil penilaian yang telah dilaksanakan.
- Mewujudkan dokumen penilaian yang tertib dan lengkap.
- Pendokumentasian hasil penilaian pendidikan secara online.
Menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagai sumber kearifan warga sekolah dalam berprilaku dan bertindak baik disekolah, keluarga maupun masyarakat
- Membudayakan GT5S ( Gerakan Tebar senyum, sapa, salam, sopan dan santun)
- Mewujudkan budaya disiplin bagi seluruh warga sekolah
- Mewujudkan budaya mandiri dan kreatif
- Bertindak dan berperilaku jujur dalam setiap tindakan
Mewujudkan pengembangan budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif bersih, indah, rindang dan nyaman.
- Mewujudkan kebiasaan hidup bersih.
- Menciptakan lingkungan yang berbudaya, asri, lestari dan indah.
- Mewujudkan sistem sanitasi/drainase yang sehat.
- Mewujudkan budaya ‘memberi tauladan yang baik’ dari pada sekedar menasehati.
- Membiasakan siswa untuk berbaris sebelum masuk kelas untuk memulai pelajaran.
- Membiasakan membuang sampah di tempat sampah yang telah tersedia.
- Meningkatkan kerja sama dengan lembaga lain dalam pengembangan budaya.
- Mengembangkan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dan kerindangan.
- Mewujudkan hubungan yang harmonis antar warga sekolah dan menumbuhkan sikap individu yang berkarakter serta mampu menempatkan kesetaraan gender
- Membudayakan lima menit bersih-bersih sebelum pulang.